Animasi merupakan salah satu bagian grafika
komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif juga merupakan
sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk
mensimulasi gerakan yang hidup.
Pemanfaatan animasi dapat ditujukan untuk simulasi, menarik perhatian
pemakai komputer pada bagian tertentu dari layar, memvisualisasikan cara kerja
suatu alat atau menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang menarik
dibanding dengan sederetan angka, serta tidak ketinggalan untuk program-program
permainan.
Pada dasarnya, animasi adalah transformasi
objek yang di mana semua titik pada sembarang objek akan diubah sesuai dengan
aturan tertentu, sementara sistem koordinatnya tetap. Implementasi pada animasi
dapat dikerjakan secara interaktif maupun non interaktif. Dibandingkan animasi
non interaktif, animasi interaktif memberikan tampilan yang lebih menarik dan
dinamis. Pada animasi interaktif,
pergerakan objek mengikuti perintah yang diberikan oleh pemakai lewat perangkat
interaktif. Sedangkan animasi non interaktif, pergerakan objek hanya dikendalikan
dari prosedur yang ada di dalam sebuah program. Untuk animasi interaktif
kebanyakan digunakan untuk program-program permainan,
sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk melakukan simulasi objek.
sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk melakukan simulasi objek.
Pembuatan animasi masih dilakukan secara
sederhana dan konvensional dengan cara menggerakkan beberapa gambar secara
bergantian dan cepat sebelum tahun 1970-an. Gambar tersebut masih menggunakan
lukisan tangan atau menggunakan foto dari serangkaian kejadian. Hingga pada
akhir tahun 1970-an, seorang ahli program bernama Julain Gomez mengembangkan
sebuah program khusus untuk animasi.
Pengembangan program tersebut dilakukan di negara bagian Ohio, Amerika
Serikat.
Komputer digital yang berkembang pesat
sangat mempengaruhi proses pengerjaan animasi. Animasi kemudian membentuk suatu
bidang baru dalam ilmu komputer yaitu grafika komputer yang dapat digunakan
untuk menggambarkan cara kerja suatu alat dan menampilkan keluaran program
berupa gambar yang lebih hidup dan interaktif. Animasi banyak digunakan pada
berbagai bidang seperti bidang perekayasaan, arsitektur, ekonomi, kedokteran,
dan lain-lain.
Animasi yang bagus dihasilkan dari gambar
yang cukup banyak agar gambar yang dihasilkan akan tampak gerakan yang berkesan
halus. Dalam hal ini, maka gambar-gambar
tersebut haruslah berpindah posisi sekecil mungkin agar pada perubahan atau
pergantian gambar terlihat lebih menarik dan bagus. Selain itu diperlukan juga kecepatan tertentu
untuk tampilan gambar yang akan dibuat dalam animasi. Hal ini tergantung pada
jumlah gambar yang diberikan. Kecepatan yang dimaksud yaitu begitu satu gambar
ditampilkan maka akan berganti gambar berikutnya dengan kecepatan tertentu.
Makin cepat pergantian antara satu gambar dengan gambar berikutnya maka akan
menghasilkan gerakan gambar yang semakin halus.
No comments:
Post a Comment